.

Senin, 18 Maret 2013

Resep Carabikang ✍


Senang sekali hari ini...aku diajakin teman belajar bareng bikin kue carabikang. Kue kesukaanku tapi selalu gagal kalo bikin sendiri. Agak tricky...pake acara keplak keplok...hehehe.



Bikinnya di rumah Mbak Siti yang memang dah terkenal jago bikin kue tradisional...tapi kali ini gurunya Mbak Indah. Makasih ya mbak udah sharing ilmunya. Lihat wajah-wajah segar ibu-ibu yang siap menyerap ilmu...cieeeee. Senyumnya doooong...



Di atas gambar step-by-stepnya searah jarum jam. Kalo lihat bikinnya gak seribet yang kubayangkan. Apalagi ternyata resepnya Mbak Indah ini gak perlu fermentasi. Abis dikeplok sebentar aja...langsung deh dipanggang. Tapi panggangannya nih yang susah didapat. Bentuknya bulat agak dalam seperti pantat wajan. Jadi pas dikeluarin, bagus banget serat-seratnya. Oh iya...kata mbak Indah tipsnya...cetakannya gak boleh diolesin minyak atau dipake buat kue yang yang lain...kayak lumpur, serabi, dsb. Pokoknya khusus tuk carabikang. Cucinya juga gak boleh pake sabun dan spon cuci. Cukup dibersihkan pake ampas kelapa. Nah lhooo...

Bahan :
- 500 gr tepung beras
- 100 gr tepung kanji
- 400 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 butir telur, kocok lepas
- santan kanil dari 1 1/2 butir kelapa (didihkan, ambil bagian atasnya 700 ml)
- daun pandan
- pewarna makanan

Cara membuat :
  1. Masak santan kanil dengan daun pandan sampai mendidih sambil sesekali diaduk. Biarkan hangat. Sisihkan sedikit untuk mengoles carabikang.
  2. Campur tepung beras, tepung kanji, gula dan garam. Aduk rata. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil dikeplok-keplok sampai gula larut saja.
  3. Tambahkan telur, keplok-keplok lagi sampai adonan licin dan rata. Ambil sedikit adonan. Beri pewarna hijau dan merah.
  4. Panaskan cetakan carabikang. Tuang adonan putih. Disusul adonan warna sedikit saja. Kalo panas apinya bagus akan terdengar suara mendesis. Setelah mulai muncul gelembung-gelembungnya turunkan panas api. Biarkan sampai matang. Olesi atasnya dengan sisa santan.
  5. Angkat dengan cara dicungkil sedikit-sedikit mulai dari pinggir lalu di tengahnya sambil ditarik supaya merekah. Oles bawahnya dengan santan.
  6. Selesaikan semua adonan dan letakkan di piring saji.
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 1000 Orang

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Yang Anda Cari Di yOuShiE?

Advertisements

google

Advertisements

GA